JAVA dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc pada tahun 1991, kemudian diakuisisi oleh Oracle Corporation. Java dikembangkan oleh James Gosling dan Patrick Naughton dan merupakan bahasa pemrograman sederhana. Hal ini dikarenakan proses menulis, mengkompilasi, dan men-debug program sangat mudah dilakukan pada java.

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang handal, berorientasi objek dan aman. Suatu perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) dimana suatu program dapat berjalan dinamakan juga dengan sebuah platform. Java dikatakan sebagai sebuah platform karena memiliki sebuah runtime environment (JRE) and API tersendiri.

Mesin Virtual Java (JVM) Ini biasanya disebut sebagai JVM. Sebelumnya kita membahas tentang JVM mari kita lihat tahapan-tahapan eksekusi program. Tahapannya adalah sebagai berikut: kita menulis program, kemudian kita mengkompilasi program dan terakhir menjalankan program. 
  1. Penulisan program dilakukan oleh programmer java seperti Anda dan saya. 
  2. Kompilasi program dilakukan oleh compiler javac, javac adalah compiler java utama yang termasuk dalam java development kit (JDK). Dibutuhkan program java sebagai input dan menghasilkan bytecode java sebagai output. 
  3. Pada fase ketiga, JVM mengeksekusi bytecode yang dihasilkan oleh compiler. Ini disebut fase program run.
Jadi, sekarang kita mengerti bahwa fungsi utama JVM adalah untuk mengeksekusi bytecode yang dihasilkan oleh compiler. Setiap sistem operasi memiliki JVM yang berbeda, namun output yang mereka hasilkan setelah eksekusi bytecode sama di semua sistem operasi. Itulah mengapa kami menyebut java sebagai bahasa pemrograman dan juga sebagai platform yang independen.

Pada tahun 1995 perusahaan Sun merilis implementasi publik pertama sebagai Java 1.0. Java dijanjikan dapat Write Once, Run Anywhere (WORA), yakni menyediakan run-time tanpa biaya di berbagai platform populer. Pada 13 November 2006, Sun merilis banyak Java sebagai perangkat lunak bebas biaya dan sumber terbuka (opensource) di bawah ketentuan GNU General Public License (GPL). Pada 8 Mei 2007, Sun menyelesaikan prosesnya, membuat semua kode inti Java menjadi gratis dan sumber terbuka (opensource). Perangkat (tool) yang diperlukan Untuk melakukan demo seperti contoh yang dibahas dalam tutorial ini, Anda memerlukan Pentium 200-MHz komputer dengan minimum 64 MB RAM (disarankan 128 MB RAM). Anda juga memerlukan perangkat lunak berikut:  
  1. Sistem operasi Linux 7.1 atau Windows xp / 7/8/10. 
  2. Java JDK 8. 
  3. Java Editor seperti Eclipse, IntelliJ IDEA, Netbeans atau Notepad.